Membuat Mesin Tetas Sendiri

Setiap usaha budi daya mau tidak mau harus memikirkan cara untuk mempertahankan kontinuitas produknya. Suatu peternakan ayam kampung petelur, misalnya, harus mencari solusi agar ternak yang sudah tidak produktif dapat segera tergantikan oleh generasi baru yang berkualitas baik. Cara yang paling lazim dilakukan peternak yakni dengan menyeleksi induk-induk unggul di antara populasi ternaknya, kemudian menetaskan telur yang diproduksi oleh induk tersebut.

Pada dasarnya ada dua teknik yang dapat digunakan untuk menetaskan telur, yakni secara alami atau menggunakan mesin tetas. Demi efisiensi waktu, tenaga, dan biaya, banyak peternak yang beralih ke penggunaan mesin tetas, baik mesin tetas manual, semiotomatis, maupun otomatis.

Terdapat banyak sekali jenis mesin tetas di pasaran dengan segala keunggulannya. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Namun tidak menutup kemungkinan untuk memproduksi mesin tetas sendiri yang disesuaikan dengan keinginan Anda. Berikut ini akan dijabarkan teknik pembuatan mesin tetas lampu pijar. Adapun alat yang perlu dipersiapkan disajikan pada Tabel 1.

 

Tabel 1. Kebutuhan Bahan dan Alat Pembuatan Mesin Tetas Lampu Pijar Skala Kecil (1 unit)

Alat/Bahan Jumlah
Papan tripleks 2 lbr
Kayu reng 2 btg
Kayu kaso 1 btg
Kawat nyamuk 1 m2
Seng datar 1 m2
Kaca 29 cm x 14 cm 2 bh
Paku kayu 1 kg
Paku tripleks 1 kg
Engsel pintu kecil 1 psg
Grendel 1 bh
Lem aibon 1 klg
Lampu pijar 40 watt 2 bh
Lampu kontrol 5 watt 2 bh
Kelengkapan alat listrik 1 set
Termoregulator 1 set

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin tetas lampu pijar dibuat bagian per bagian, yakni alat pemanas, termoregulator, peti atau kotak, pintu mesin tetas, rak telur, rak penampung anakan, dan bak air. Setelah masing-masing bagian dibuat, bagian-bagian mesin tersebut dirangkai menjadi satu unit mesin tetas. Pembuatan setiap bagian mesin tetas lampu pijar memerlukan ketekunan karena lebih sulit dibandingkan dengan pembuatan mesin tetas lampu minyak. Bila pembuatannya salah, akan berakibat fatal pada saat berlangsungnya proses penetasan telur karena tidak akan berjalan seperti yang direncanakan. Untuk itu, uraian tentang tahapan pembuatan bagian-bagian alat berikut perlu diperhatikan dan dicermati, terlebih menyangkut ukuran-ukuran yang digunakan.

Baca selengkapnya di sini

Membuat Mesin Tetas Sederhana

 

About admin