Kesehatan adalah Kekayaan Terbesar

Kesehatan adalah wujud dari kehidupan, kehidupan yang tak ternilai harganya akan dapat dijalani dengan optimal jika kesehatan mendukung. Namun, dengan banyaknya hal yang tidak diketahui oleh manusia, menyebabkan manusia mengalami ketakutan dan kecemasan akan kehidupannya, manusia khawatir akan dijemput kematian secara tiba-tiba. Stroke adalah salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian secara tiba-tiba, jika tidak membawa kepada kematian maka stroke dapat meninggalkan jejak kepada yang mengalaminya dengan mengalami kecacatan permanen maupun sementara.

Beberapa penyebab terjadinya stroke sudah berhasil ditemukan melalui penelitian dan percobaan. Pola hidup adalah salah satu penyebab terjadinya stroke, kegiatan mengonsumsi makanan atau minuman cepat saji, merokok, kurang istirahat, kurang berolahraga, dan stress ditengarai menjadi penyebab stroke yang utama. Stroke itu sendiri berarti penyakit di pembuluh darah otak karena adanya kerusakan atau kematian jaringan otak akibat berkurangnya aliran darah beserta oksigen ke otak karena adanya penyumbatan.

stroke

Otak yang beratnya hanyalah 2% dari berat badan orang dewasa, tetapi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Fungsi otak adalah sebagai pusat pemikir, pengontrol, dan penggerak aktivitas manusia dan lain-lainnya yang menjadikan manusia unik jika dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Seperti halnya ibukota dalam negara, maka otak adalah ibukota dari negara yang bernama tubuh, dan keberlangsungan suatu negara akan berjalan dengan baik jika ibukota berfungsi secara baik dan mampu mengendalikan seluruh wilayah dalam negara.

Faktor risiko stroke menunjukkan kecenderungan seseorang untuk menderita stroke, faktor risiko ada dua macam, yaitu yang dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol. Faktor risiko yang dapat dikontrol, antara lain, 1) pernah terserang stroke, jika seseorang sudah terserang stroke maka resiko orang tersebut mengalami stroke adalah sembilan kali lipat jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah terkena stroke, 2) Hipertensi, penyakit jantung, dan Diabetes Mellitus; dengan menderita berbagai penyakit ini, maka akan meningkatkan risiko terkena stroke, akibat dari kombinasi penyakit, dan 3) Pola hidup, seperti; merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat , kurang olahraga dan istirahat, stres yang tidak terkendali. Faktor yang tidak dapat dikontrol, antara lain, 1) usia, di atas umur 55 maka resiko mengalami stroke meningkat, 2) jenis kelamin, kabar buruk untuk kaum laki-laki, stroke banyak menyerang laki-laki dengan jumlah 19% lebih banyak dari perempuan, dan 3) ras, stroke lebih banyak diderita oleh ras kulit hitam, asia, dan kepulauan pasifik dibandingkan dengan kaukasian.

makanan sehat

Untuk menghindari terkena serangan stroke yang bagaikan serangan peluru penembak sniper, maka dapat dilakukan berbagai langkah pencegahan, yaitu,

1) ketahui letak Anda di dalam faktor risiko,

2) cek tekanan darah,

3) cek, apakah memiliki penyakit jantung,

4) kendalikan diabetes,

5) turunkan kolesterol,

6) stop merokok,

7) terapkan pola makan sehat,

8) kelola stress dengan baik dan berolahraga dengan rutin.

Untuk yang terkena stroke, tetaplah berusaha untuk menyembuhkan diri Anda, tekad yang kuat dari dalam diri akan menjadi penguat untuk menjalani pengobatan, mulai dari pengobatan antibiotik hingga melakukan terapi yoga yang menenangkan, jalankan semua proses penyembuhan dengan baik supaya Anda dapat terlepas dari jeratan stroke.

Untuk mendapat pengetahuan tentang menjaga kesehatan untuk menghindari atau mengurangi risiko terkena stroke silakan lihat di sini.

About admin